Home / Artikel / Salam Hari Guru 2021 – Yayasan Seri Amal

Salam Hari Guru 2021 – Yayasan Seri Amal

Semangat Hari Guru Indonesia

Yayasan Seri Amal (YSA)

Dear tenaga pendidik dan kependidikan se-Yayasan Seri Amal (YSA) Indonesia. Tema hari guru tahun 2021: “Bergerak dengan hati, pulihkan Pendidikan”. Kami pengurus yayasan menyapa anda sekalian: SELAMAT HARI GURU NASIONAL YANG KE 76.

Setiap orang dari kita memiliki sejarah, demikian juga sebuah negeri atau bangsa, secara khusus sejarah pendidikan yang berkaitan dengan tenaga pendidik. Mengapa kita perlu menyadari sejarah karena sejarah berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan dijadikan media untuk menelusuri fakta dan peristiwa di masa lalu; fungsi umum ini ditujukan supaya manusia generasi selanjutnya menjadikan peristiwa di masa lampau tersebut sebagai pelajaran serta pengalaman penting (Kompas.com). Selain itu fungsi sejarah ialah sebagai edukatif, inspiratif dan rekreatif. Bertolak dari pemahaman ini, bahwa pendidikan memiliki sejarah baik dari kurikulum, kebutuhan pasar dan peristiwa alam yang ikut menyertainya. Siapa di antara kita menduga dan mengharapkan bahwa 2 – 3 tahun ini kita memiliki sejarah penting dalam pendidikan dengan adanya pandemic covid 19 ini. Ada budaya baru yang harus kita ikuti dan tak satupun di antara kita yang dapat menolaknya. Pandemi seolah berlaku adil berkunjung ke seluruh dunia, negara, daerah bahkan kita satu persatu. Karena itu mau tidak mau kita semua harus memasuki budaya baru.

Secara psikologis, kita mungkin marah, sedih, mengeluh, stress karena banyak hal yang tidak bisa kita lakukan baik sebagai guru, siswa dan siapa saja kita. Ada peristiwa yang harus belajar dari Rumah (daring), ada luring dan blended learning dan sekarang pertemuan tatap muka terbatas dengan mengikuti protokel kesehatan. Yang menimbulkan banyak yang hilang dari kita. Dalam penelitian baru-baru menunjukkan bahwa terjadi learning loss bagi anak-anak negeri ini karena adanya peristiwa pandemic ini. Meskipun sebenarnya pemerintah dan seluruh pendidik berusaha dan bekerja keras untuk melayani, membenahi diri, mengajar siswa/I agar tidak terjadi ketertinggalan dalam meraih mimpinya menuju masa depan yang lebih indah dari hari ini.

Karena itu saya menjadi sangat terinspirasi atas tema yang disuguhkan oleh pemerintah Kemeterian pendidikan, Riset dan tehnologi, pada hari guru tahun ini: bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan. Kalau kita berbicara dengan hati sebenarnya tidak ada yang susah, semua menjadi indah, karena sesungguhnya tidak anak yang bodoh, hanya butuh waktu untuk mereka menemukan potensi terbaiknya, kuncinya ada pada guru. Saat ini era sudah berubah, jaman sudah berubah, kita memasuki abad 21, dunia dikuasai oleh anak millennial, banyak hal yang mereka tahu karena mereka adalah penduduk asli warga internet. Hal sangat penting bagi kita seorang pendidik abad 21 adalah parktek, lakukan, pemahaman dan langsung impacfull terhadap anak-anak kita dan menjadikan anak-anak kita smart, berkarakter baik. Tantangan pasti ada di depan kita, tetapi membawa tantangan menjadi peluang untuk membenahi diri kita sebagai pendidik, membawa jalan dengan terang lilin kecil menyusuri gelapnya malam. GURU sebagai pendidik kita harus terus belajar, jika tidak belajar kita menjadi stop tidak mengajar. Mari pulihkan pendidikan dengan semangat Imago Dei,We empower them to reach their big dream. Menciptakan sejarah baru bagi anak-anak kita. Dengan demikian, Tuhan sudah mencatatkan tiket kita kelak ada di surga.

SELAMAT HARI GURU, SALAM IMAGO DEI

Yayasan Seri Amal

Medan, 25 November 2021

Check Also

Selamat Natal 2019 & Tahun Baru 2020….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *