TPMPS GARDA TERDEPAN MENJAMIN MUTU SEKOLAH

Cinta Alam,
Sabtu, 05 Maret 2022

Cinta Alam, 04 Maret 2022. Workshop pembinaan TPMPS se Yayasan Seri Amal Medan berlanjut hari ini. Seperti hari sebelumnya, kegiatan hari ini diawali dengan perayaan misa yang dipimpin oleh Pastor Shan Efran Sinaga, Pr.

Lewat perayaan misa tersebut, Pastor Shan mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab para peserta selama mengikuti kegiatan workshop. Sekalipun dalam masa pandemi kita harus tetap taat menjalankan tugas dan tanggungjawab selama masa prapaskah ini.

Ada tiga hal yang harus kita lakukan dalam masa prapaskah yaitu berdoa, berpuasa, dan menderma.
“Apa yang didermakan?” Tanya pastor kepada seluruh peserta. “Lihatlah sekitarmu. Mungkin diantara mereka ada yang membutuhkan perhatian. Maka dermakanlah perhatianmu kepada mereka. Ingat, berderma bukan hanya dengan materi saja”. Tegas pastor Shan kepada seluruh peserta.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh para narasumber. Ketua LPM bapak Drs. Losten Tamba, M.Pd. juga menegaskan fungsi TPMPS dalam menjamin dan meningkatkan mutu sekolah. Beliau menekankan bahwa dalam menjalankan tupoksinya TPMPS sebagai garda terdepan dalam meningkatkan mutu sekolah.

Pembekalan dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu Bapak Drs. Ezra Jhemiyanta, M.Pd. sesi demi sesi berlangsung dengan lancar. Berbagai materi disajikan kepada seluruh peserta. Seperti: Konsep dan Dasar Hukum Penjaminan Mutu, Perangkat Penjaminan Mutu, Siklus Penjaminan Mutu, Kebijakan Mutu, Manual Mutu, serta Standar Mutu.
Sebagai garda terdepan dalam menjamin mutu sekolah, maka semua pengurus TPMPS harus terlebih dahulu memahami dengan baik alur, konsep, dan proses penjaminan mutu tersebut. Dengan demikian secara bersama-sama dengan kepala sekolah dapat mengambil langkah yang tepat dalam menyusun program untuk dituangkan dalam Renstra, RKJM, dan RKT sekolah.

Pada sesi terakhir hari ini, para peserta juga dilatih bagaimana melakukan pemetaan mutu, evaluasi/monitoring, perencanaan program, pelaksanaan hingga menghasilkan sebuah rekomendasi sebagai alternatif solusi atas indikator mutu setiap standar yang belum mencapai SNP. Proses ini dilakukan dengan menganalisis hasil rapor mutu sekolah tahun sebelumnya.
Antusiasme para peserta mengikuti kegiatan ini tampak dari alotnya diskusi interaktif serta keseriusan setiap tim dalam melaksanakan diskusi dalam kelompok unit masing-masing. Bahkan setelah rangkaian acara hari ini ditutup dengan doa malam oleh Suster Michel, KSSY, beberapa TPMPS kembali melanjutkan diskusi kelompoknya.

Selamat dan sukses buat seluruh TPMPS, para kepala sekolah, dan Yayasan Seri Amal Medan atas berlangsungnya seluruh rangkaian acara pada hari kedua ini. Semoga harapan untuk meningkatkan mutu pendidikan di unit-unit sekolah di bawah naungan Yayasan Seri Amal Medan dapat terwujud.
Mari kita bangun tim yang solid dengan semangat Santo Yosef hingga hari terakhir esok hari.
Horas, salam Imago Dei!(Tim LPM YSA)
#yayasanseriamal
#kssy
#smpputricahaya
#smpkartini
#ignasiusgroup
#smacahaya
#stpetrus
#stantonius1-2
#stpius
#smppaulus
#styosef


Check Also

Pertanggung Jawaban Karya Ilmiah. Guru YSA…

Rabu, 16 Maret 2022 Yayasan Seri Amal dalam mengangkat Guru menjadi Guru tetap, naik pangkat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.